Rabu, 21 Agustus 2013

Tapir


Suatu hari Zidan, anakku yang saat itu masih kelas 1 SD bertanya padaku,"Ma, tapir itu gimana sih bentuknya ?.warnanya apa ?"
" Tapir hewan Indonesia yang hampir punah, memiliki bentuk tubuh seperti babi, tapi moncongnya panjang, badannya hitam putih.."jawabku lalu aku browsing di google dan kutunjukkan pada Zidan gambar tapir.
Tapir memang sudah sangat jarang ditemui. Si kaki empat berwarna hitam putih ini termasuk hewan langka dan dilindungi. Ancaman utama terhadap Tapir adalah berkurangnya habitat akibat kebakaran hutan, penggundulan hutan dan bahkan perburuan liar.


Tapir adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda disepanjang hutan atau pinggiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. Tapir merupakan hewan yang soliter, kecuali pada musim kawinnya. Aktivitasnya lebih banyak pada malam hari. Aktivitas makan biasanya dilakukan sambil tetap terus berpindah dalam jalur yang berpindah-pindah. Jangkauan jelajah Tapir sangat luas karena mereka cenderung berjalan jauh untuk menemukan lokasi yang kaya garam mineral.

Secara taksonomi, tapir dikelompokkan kedalam ordo Perisodactyla dan famili Tapiridae. Ada empat jenis tapir yang masih eksis sampai saat ini. Tiga diantaranya bisa dijumpai di Amerika Selatan (Tapirus bairdii, Tapirus pinchaque dan Tapirus terrestris) dan hanya satu yang tersebar di Asia Tenggara (Tapirus indicus). Karena itu keberadaan tapir sering digunakan sebagai salah satu bukti teori pemisahan benua.


Sebaran Tapir di Asia Tenggara meliputi bagian selatan Burma, Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaysia dan Indonesia. Bukti-bukti paleontologis menunjukkan bahwa dahulunya sebaran tapir meliputi pulau Jawa dan Sumatera. Namun saat ini di Indonesia, tapir hanya bisa dijumpai di Sumatera, itupun hanya pada bagian selatan Danau Toba sampai ke Lampung. Hanya ada satu catatan keberadaan tapir dibagian utara Danau Toba yaitu di Pangkalan Berandan.
Tapir umumnya dijumpai pada hutan dataran rendah, namun beberapa catatan menunjukkan kehadirannya pada daerah sampai ketinggian 2000 m, seperti di Gunung Tujuh (Taman Nasional Kerinci Seblat). Tapir bisa dijumpai di hutan primer, sekunder, campuran, kebun karet. Beberapa catatan menunjukkan kehadirannya di kebun sawit dan melintasi pemukiman penduduk ataupun kamp petugas di PHPA

Tapir dewasa bisa mempunyai panjang tubuh sampai 225 cm. Bentuk tubuh lainnya yang menjadi ciri khas tapir adalah hidungnya yang memanjang menyerupai belalai pendek. Hidung ini selalu didekatkan ke tanah pada saat berjalan. Tapir lebih mengandalkan penciuman dan pendengaran dalam menjalani kehidupannya. Beberapa ahli menytakan bahwa hewan ini mempunyai penglihatan yang lemah. Selain memiliki keunikan pada warna tubuh, tapir mempunyai keunikan tersendiri pada jumlah jemari kaki. Pada kaki depan tapir memiliki empat jari sedangkan pada kaki belakang hanya tiga.

Makanan utama tapir adalah dedaunan muda yang direnggut dengan lidah secara selektif. Sebagian besar berasal tumbuhan semak atau pohon kecil, seperti dari famili Rubiaceae dan Euphorbiaceae. Selain itu tapir juga memakan buah-buahan yang berserakan di lantai hutan seperti nangka, semangka dan durian. Karena itu, tapir sangat berperan dalam proses regenerasi hutan, pemencaran, ataupun meningkatkan dinamika dan stratifikasi pada lapisan bawah hutan.


( sumber: wikipedia & tacomaweekly )


 

8 komentar:

  1. Baru tahu saya kalau hewan yang seperti ini namanya Tapir, tadinya saya pikir hewan ini babi. Terimakasih atas infonya ya Mba.

    Salam wisata

    BalasHapus
  2. saya pernah nonton di tipi, tapir kena ranjau yg dibuat masyarakat sekitar hutan. dan ternyata masih bisa diselamatkan walau tapir tsb berlalu dg tertatih2, aktivis lingkungan itu bisa menyelamatkannya walau udah seminggu kena ranjau itu. nahas sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya aku jg pernah tau berita itu..sempet agak mewek ngeliat tapir itu jalannya tertatih. apalgi dia sendirian mgkn terpisah dari rombongan tapir lainnya ato bhkan memang sendirian sdh gak ada tapir lainnya :(

      Hapus
  3. salahsatu hewan yang belum pernah aku liat langsung. Unik nih hewan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg blm pernah liat tapir scr langsung. mgkn krn sdh sgt langka, setauku di taman safari dan kebun binatang jg gak ada tapirnya.

      Hapus
  4. udah lama bgt kayaknya sy gak denger ttg hewan tapir. ternyata udah hampir punah, ya

    BalasHapus
  5. Salah satu binatang langka favorit saja nih! Tadi siang saya lihat di Kebun binatang Ragunan. Kandangnya dekat kandang karantina dan di bagian ujung, sangat jarang pengunjung yang melewati, jadi leluasa melihat satwa ini. hehe.. Benar2 eksotis ^__^

    BalasHapus

Daun Sang / Daun Payung

Daun Sang atau yang dikenal juga dengan nama daun payung adalah salah satu tanaman unik dan langka Indonesia . Tumbuhan Daun Sang yan...