Rabu, 09 Oktober 2013

Hiu Karpet Berbintik



Sudah pernah tahu tentang Hiu Karpet berbintik (Hemiscyllium freycineti) ?
Hewan asli Indonesia yang hampir punah ini memiliki habitat di laut dangkal dengan terumbu karang, pasir dan rumput laut yang lebat (tempat yang sangat tepat untuk berkamuflase). Tepatnya di perairan Raja Ampat, Papua.


Hiu karpet berbintik berpola kulit yang indah dan memiliki kemiripan yang luar biasa dengan kulit macan tutul. Heksagonal cokelat bintik, dengan pusat-pusat pucat, penuh di seluruh tubuh bagian atas. Kecil bintik-bintik gelap menutupi moncong, dan besar, gelap yang terletak tepat di belakang sirip dada. Kedua sirip punggung dan sirip anus ditempatkan di belakang tubuh.

Hewan yang cantik ini masuk dalam daftar wwf yang terancam punah, kondisi ini diperparah dengan dikenalkannya kepulauan raja ampat ke dunia sehingga menyebabkan banyak kapal tangkap besar dari luar negeri yang memasuki perairan ini dan merusak ekosistem juga menghancurkan mata pencaharian nelayan lokal, apalagi wilayah timur kita rentan dimasuki dari luar oleh negara lain karena lemahnya penjagaan dan pertahanan maritim dan udara oleh militer, tak diragukan lagi status dari hiu karpet Indonesia sekarang adalah sangat terancam punah, jika kondisi ini terjadi terus mungkin dalam rentang 10 tahun lagi Hemicyllium freycineti bisa menjadi sebuah legenda.
Yuk tunggu apa lagi ? Mulai sekarang kita bersama-sama bergerak untuk menyelamatkan kelangsungan satwa langka di Indonesia termasuk hiu karpet berbintik ini.


(sumber: rifki-macmilan.blogspot, wikipedia)




1 komentar:

  1. cantiiik...saya pengen ke Raja Ampat maak..belum sempet dan pengeeeen bangeet...moga2 pas diving bisa ketemu yang satu ini et foto2...lalu sebarkan supaya tidak ada lagi yang ganggu!..cheers...

    BalasHapus

Daun Sang / Daun Payung

Daun Sang atau yang dikenal juga dengan nama daun payung adalah salah satu tanaman unik dan langka Indonesia . Tumbuhan Daun Sang yan...