Melati Putih (Jasminum Sambac)



Tahukah teman-teman kalau bunga melati di Indonesia, dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional ? Yaitu jenis melati putih (Jasminum sambac),  karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Melati (jasminum sambac) termasuk tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Bunganya berwarna putih mungil dan berbau harum, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melati, dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangbiakkan dengan cara stek. Tunas-tunas baru akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.

Batang 
Menurut jenis batangnya, tumbuhan melati  ini dapat digolongkan sebagai semak, batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter. Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang.
Daun
Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip PINNATUS,  yang berarti  daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan. Kedudukan daun batang FILOTAKSIS berjenis APPOSITE dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk OVATE, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun dan agak sedikit meruncing, seperti daun-daun yang biasa digambarkan.
Kemudian  Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang. Permukaan daun agak sedikit berkerut seperti daun jambu biji yang  pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval. Jadi terkesan pertulangan daunnya agak melengkung.


Bunga 
Jasminum sambac ini  merupak bunga majemuk, memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun. Susunan bunganya menyirip dan berhadapan. Bagian-bagian bunganya terdiri dari tangkai anak bunga yang di ujungnya terdapat daun pelindung berbentuk benang berjumlah 7 helai, disambung dengan tangkai bunga. Saat mekar bunga yang memilki 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga. Bunga Jasminum sambac punya ANDRECIUM (alat kelamin jantan) ditandai dengan adanya stamen yang terdiri dari kepala sari,  tangkai sari, kotak sari, dan serbuk sari, dan juga mempunyai alat kelamin betina yang terdiri dari kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.
Namun alat kelamin ini tidak produktif sehingga tidak menghasilkan buah. Posisi stamen berada dalam rongga tangkai bunga, tidak terlalu terlihat dan untuk mengamatinya harus membelah bunganya terlebih dahulu. Posisi kepala putik pun  lebih pendek dibandingkan kepala sarinya.
Bunga ini dapat mekar selama 2 hari kemudian mahkotanya berubah warna menjadi ungu kebiru-biruan.


( sumber: Wikipedia )

Komentar

Entri Populer